beasiswa-bank-indonesia

3 Beasiswa Bank Indonesia, BCA, Mandiri, CIMB Niaga, Gratis Kuliah Hingga Karir?

Halo Sobat Meddy, apakah kamu sedang mencari info Beasiswa S1 dalam negeri? dan kebetulan juga kamu ingin kuliah S1 tapi terbentur soal biaya. Saat ini tidak perlu khawatir, karena tersedia Beasiswa Bank Indonesia. Dan ketika kamu membaca artikel ini, kamu akan menemukan jawaban dari masalah pendidikan kamu. Tidak hanya Beasiswa Bank Indonesia saja, terseida 3 Beasiswa Bank lainnya yang bisa bantu kamu kuliah dan meringankan biaya kamu. Cek dan simak sampai habis yuk!

Mengenal Beasiswa Bank Indonesia, Beasiswa Terimpresif di Indonesia

Beasiswa BI atau Bank Indonesia merupakan beasiswa kuliah yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia (BI) untuk mahasiswa di PTN dan PTS terpilih, ingat keywordnya adalah Kampus Terpilih ya. Sementara itu, beasiswa ini diperuntukkan untuk mahasiswa S1, D4 ataupun D3 yang aktif dan memenuhi kriteria. Cakupan Beasiswa inipun tidak main-main, untuk GenBi (Sebutan bagi awardee beasiswa  ini) diberikan bantuan biaya kuliah, tunjangan studi, dan biaya hidup loh.

Wah, Paling tidak untuk mempersiapkan diri lebih mantap kamu bisa mempelajari contoh motivation letter beasiswa Bank Indonesia. Motivation Letter cukup punya pengaruh penting sebagai persyarat beasiswa BI kamu. Tidak hanya itu, Resume pribadi beasiswa Bank Indonesia kamu harus dibuat lebih padat, elegan dan informatif mengenai diri kamu agar pihak penyelenggara tertarik dengan value person kamu loh!

Baca juga: Waspada! Marak Beredar Beasiswa Palsu

Dilansir dari beberapa laman resmi, BI melalui surat yang diedarkan nomer  24/117/MI/Srt/B perihal Program Beasiswa Bank Indonesia Tahun 2022, Untuk lulus peryaratan beasiswa BI kriteria umumnya adalah sebagai berikut:

  1. Mahasiswa/I Aktif S1
  2. Paling tidak, telah menyelesaikan 40 SKS atau 3 Semester
  3. IPK minimal 3,00 skala 4
  4. Usia maksimal adalahh belum belum berusia 24 tahun pada saat menerima beasiswa
  5. Tidak sedang menerima beasiswa dan/atau berada dalam status ikatan dinas dari lembaga/instansi lain
  6. Memiliki Sosial Activity Experience yang berimplikasi pada kebermanfaatan
  7. Siap sedia untuk berperan aktif, mengelola dan mengembangkan komunitas penerima beasiswa BI (Generasi Baru Indonesia/GenBI) serta berpartisipasi dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia
  8. Diutamakan bagi mahasiswa/i yang berasal dari latar belakang ekonomi keluarga kurang mampu (pra sejahtera)
  9. Terdafttar pada program studi priortas yang dimaksud BI

Baca juga: Tips Membuat Motivation Letter untuk Beasiswa

Tidak Perlu Khawatir, Ini Top 3 Beasiswa selain Beasiswa Bank Indonesia

Meskipun Beasiswa BI ini merupakan beasiswa yang benar-benar impresif untuk pelajar Indonesia, tapi kamu tidak masuk dalam kategorinya, tidak usah khawatir. Pasalnya, masih ada Top 3 Beasiswa Bank yang bisa kamu apply dengan memenuhi kualifikasinya. Top 3 Beasiswa Bank ini juga banyak peminatnya, tentunya awardee di 3 beasiswa ini tidak main-main loh.

beasiswa-bca
By Google

1. Beasiswa BCA

Apa itu Beasiswa BCA? Dilansir dari laman resmi BCA, Program Beasiswa BCA adalah satu program Corporate Social Responsibility.  beasiswa BCA ditujukan untuk kamu yang baru menjadi lulusan SMA/SMK/sederajat yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI) yang diselenggarakan oleh BCA. Jelas ya, istilahnya kamu akan mendapat kesempatan berkarir yang lebih luas. Apabila kamu merupakan pelajar ynag bercita-cita sebagai Pembisnis, Banker dan tengaaga IT kamu bisa memanfaatkan beasiwa ini.

Persyaratan Beasiswa BCA

  1. WNI
  2. Lulusan atau Pelajar SMA/SMK Se-derajat
  3. Usia maksimal 19 tahun
  4. Untuk PPBP dan PPTI, nilai rata-rata Matematika minimal 7,50
  5. Tidak pernah tinggal kelas dari SD, SM sampai SMA/SMK
  6. Tidak pernah terlibat Narkoba
  7. Tidak pernah terlibat pelanggaran hukum
  8. Lulus dalam rangkaian proses seleksi

Deadline Beasiswa BCA

  • Registrasi Batch I : 18 April s.d 15 September 2022
  • Pengumuman Batch I : 31 Oktober 2022
Bank Mandiri
By Google

2. Beasiswa Bank Mandiri

Berdasarkan aturan yang berlaku, setiap lembaga keuangan khususnya perbankan diwajibkan untuk melakukan CSR. Pada kegiatan CSR Bank Mandiri yang berhubungan dengan Pendidikan diantaranya ada beberapa program yaitu Siswa Mengenal Nusantara, pembangunan Taman Bacaan Sekolah bekerjasama dengan PT Balai Pustaka, bantuan beasiswa pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain.

Ternyata beasiswa Bank Mandiri terbagi kedalam beberapa jenis, kamu bisa apply sesuai dengan kebutuhan, minat dan bakat kamu. Fakta menariknya, bersama gerakan Mandiri Peduli Pendidikan, Bank Mandiri menawarkan program Beasiswa Berprestasi bekerjasama dengan sejumlah instansi. Jika kamu ingin tahu info beasiswa Bank Mandiri ini lebih lanjut, coba cek di laman resmi Bank Mandiri ini ya. Simak kerja sama beasiswa bank mandi bersama sejumlah instansi yang bisa kamu apply.

  • Putera Sampoerna Foundation

Siapa sangka, kalau Bank Mandiri saat ini terafiliasi menjadi bagian dari Putera Sampoerna Foundation. Melalui kerja sama ini ditawarkan beasiswa  untuk memupuk prestasi. Pembiayaan tersebut concern pada pelatihan wirausahawan Indonesia yang siap menghadapi tantangan global. Beasiswa ini sudah lahir sejak tahun 2001 sampai sekarang loh.

  • Gerakan Nasional Orang Tua Asuh

Program GNOTA atau generasi nasional orang tua asuh merupakan yayasan yang didikan untuk menumbuhkan kecakapan anak-anak Indonesia dalam wajib belajar 9 tahun. yayasan yang sudah berdiri sejak 1966 yang bergerak di bidang sosial pendidikan untuk anak-anak dan keluarga tidak mampu.

  • Pusat Studi Quran

Khusus program ini, Bank Mandiri mendistribusikan beasiswanya melalui lembaga yang mempunyai goals mengembagkan Pendidikan Agama Islam. Beasiswa ini diperuntukkan bagi Mahasiswa yang punya bakat dan riwayat PAI. Hal ini untuk menyeimbangkan pendidikan dibidang agama Islam yang ada di Indonesia.

  • Yayasan Karya Salemba Empat

Yang keempat adalah program beasiswa favorit bank mandiri yang sudah banyak diketahui para pencari beasiswa. Bersama karya salemba empat ini, mereka concern pada memperbaiki ekonomi negara Indonesia melalui upaya program pendidikan awalnya. Saat ini selain menawarkan bantuan dana pendidikan, yayasan yang dibangun oleh mahasiswa UIpaa  tahun 1998 ini juga melakukan donasi buku rutin.

  • Bantuan Peningkatan Sistem Pendidikan

Langkah Bank Mandiri dalam giat peduli pendidikan tidak hanya menjalin kerja sama dengan lembaga diatas saja. Tetapi, Bank Mandiri memiliki upaua bantuan lainya untuk meningkatkan pendidikan Indonesia. Diantaranya Mandiri Edukasi, Penghargaan Guru Berprestasi, juga Mandiri Sarana Pendidikan.Wah, luar biasa ya.

beasiswa-cimb-niaga
By Google

3. Beasiswa CIMB Niaga

Yang terakhir, adalah beasiwa Bank CIMB Niaga, bank dengan ciri khas warna merah. Beasiswa CIMB Niaga sendiri menawarkan cakupannya berupa bantuan biaya kuliah selama 4 semester dan biaya penunjang lainnya.  Tunjangan lainnya merupakan biaya yang dipakai untuk meningkatkan diri dan menggali potensi para awardee. Bahkan, awardee beasiswa CIMB Niaga ini juga akan memperoleh biaya penysunan tugas akhir dan fasilitas laptop guna meninjang kegiatan belajar mengajar.

Belum lagi, awardee beasiswa ini terus dilakukan mentoeing atau coaching dari karyawan program MT (Management Trainee) dan dapat berkontribusi menjadi volunteer dalam kegiatan CSR (Corporate Social Responsibility) serta CIMB Niaga Brand Warrior. Lebih jauh, peluang kamu untuk berkarir di bank CIMB Niaha juga terbuka, pasalnya kamu akan menjadi priortas saat seleksi Development Program dan proses rekrutmen karyawan lainnya dari CIMB Niaga. Cek disini untuk info beasiswa dan link beasiswa CIMB Niaga. 

Persyaratan Beasiswa CIMB Niaga

  1. Mahasiswa Aktif di Perguran Tinggi Indonesia
  2. IPK minimal 3.25 -4
  3. Aktif berogranisasi di dalam atau luar kampus
  4. Mahir Bahasa Inggris
  5. Beprestasi Akademik atau Non Akademik
  6. Tidak sedang menerima beasiswa lain

Mediamaz Scholar

Jadi, Apa yang Bisa Meddy Bantu?

Bai Sobat Meddy yang masih bingung dimana lagi harus mencari tahu info beasiswa dalam negeri dan luar negeri, Meddy selalu senantiasa bisa bantu kamu. Atau kamu sedang butuh layanan konsultasi beasiswa tentang info kampus, fakta menarik negara di dunia atau bahkan kamu sedang butuh informasi tentang info beasiswa? Tentunya, bisa banget Meddy membantu untu menghapus kegalauan kamu. Jadi, langsung saja kunjungi laman resmi kami atau follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top