Berbagai Bangunan di Argentina

Traveling ke Argentina? Berikut 7 Bangunan Terbaik di Argentina untuk Dikunjungi

Bagi sahabat Meddy yang tertarik dengan sejarah dan arsitektur, maka berkunjung ke Argentina merupakan hal yang tepat. Argentina merupakan negara yang secara spesifik berada di antara Pegunungan Andes di bagian barat dan Samudra Atlantik di selatan. Lokasi ini membuat Argentina mendapat julukan ‘negara paling selatan di selatan’ atau yang dalam bahasa Spanyol ‘sur del sur’. Selain terkenal dengan tarian Tango, Argentina juga dikenal memiliki berbagai bangunan kuno yang tiap lengkungan, sudut, dan celahnya memiliki cerita sendiri untuk diceritakan. Memiliki wilayah yang sangat besar dan berbagai tempat wisata yang menarik, Argentina adalah penerima sejumlah besar wisatawan asing. Pada tahun 2020, negara ini menerima lebih dari dua juta wisatawan internasional, di mana sekitar 390 ribu di antaranya adalah penduduk Chili.

7 Bangunan terbaik di Argentina

Berikut ini beberapa bangunan terbaik di Argentina yang tidak boleh sahabat Meddy lewatkan saat berkunjung ke Argentina.

1. Bangunan Teatro Colón

Bangunan pertama di Argentina yang wajib sahabat Meddy kunjungi yaitu Teatro Colon. Teatro Colón Buenos Aires dianggap sebagai salah satu teater terbaik di dunia. Bangunan ini mencangkup teater, galeri yang dikenal sebagai Galeri Patung, aula emas, dan serambi utama. Teatro Colón terletak di antara jalan-jalan Cerrito, Viamonte, Tucumán dan Libertad, di jantung kota Buenos Aires dan diresmikan pada tanggal 25 Mei 1908

Di Teatro Colon tersedia tur yang akan memberikan sahabat Meddy pengetahuan mengenai sejarah dari penyanyi, seperti Luciano Pavarotti, dan bagaimana penampilan mereka di teater. Dalam tur ini sahabat Meddy juga akan mendapatkan penjelasan tentang narasi terperinci dari seluruh sejarah gedung opera, elemen arsitektur, serta musik di balik para seniman. 

2. Palace of the Argentine National Congress

Istana Kongres Nasional Argentina dianggap sebagai monumen nasional. Bangunan yang dibuka pada tahun 1906 ini memperlihatkan gaya Yunani-Romawi serta menggabungkan unsur-unsur dari budaya di seluruh dunia. Disini juga terdapat tur yang akan menampilkan kamar-kamar elegan yang dibuat untuk berbagai acara dan cerminan gaya dekoratif Spanyol, Prancis, serta Jerman. Salah satu contohnya yaitu Kamar Kongres yang memiliki bentuk tapal kuda yang khas dan dibuat untuk keputusan pembuatan undang-undang.

Sepanjang jalan, sahabat Meddy dapat merasakan sejarah parlemen melalui patung perunggu dan lukisan sejarah masa lalu. Meski menarik, namun sahabat Meddy harus memperhatikan bahwa tur ini hanya berlangsung pada hari Senin, Selasa, Kamis, dan Jumat. Beberapa area mungkin ditutup jika senat sedang dalam sesi. 

3. The Water Company Palace

The Water Company Palace atau istana perusahaan air merupakan contoh dari arsitektur jenius yang terletak di Buenos Aires, Argentina. Bangunan yang satu ini menampilkan desain yang mewah dan megah serta mencerminkan arsitektur abad ke-19 Prancis. Istana perusahaan air kemudian dirancang kembali pada tahun 1877 untuk menggantikan menara air tua. Bangunan ini dirancang oleh arsitek Argentina Swedia Carlos Nyströmer dan selesai pada tahun 1894. Tujuan dari perancangan kembali gedung ini yaitu untuk menerapkan sistem air modern. 

4. Catedral Metropolitana de Buenos Aires

Katedral Metropolitan atau Catedral Metropolitana de Buenos Aires awalnya dibangun pada abad ke-16. Catedral Metropolitana de Buenos Aires dibuka setiap hari. Namun, sahabat Meddy tidak diizinkan masuk pada waktu misa kecuali sahabat Meddy ingin ikut hadir selama waktu pelayanan. Masuknya gratis dan jangan lupa gunakan pakaian yang sopan. Sahabat Meddy juga dapat mengikuti tur yang ada disini. Tur disini berlangsung selama 3 jam dan akan memberikan pandangan secara mendalam kepada sahabat Meddy mengenai kehidupan Jorge Bergoglio dan perjalanannya menjadi Paus Roma yang terkenal. Tur ini juga akan menjelaskan tentang sejarah dan pendidikan dari Paus Fransiskus dan akan membawa sahabat Meddy pergi melalui sekolah, gereja, dan tempat-tempat berpengaruh lainnya yang akan mengubah hidupnya.

5. Cabildo of Buenos Aires

Gedung Cabildo of Buenos Aires merupakan gedung pemerintah utama yang terletak di Buenos Aires dan telah ada sejak tahun 1608. Pada awalnya Walikota Manuel de Frias mengusulkan untuk melakukan pembangunan Cabildo di Plaza de Mayo tanggal 3 Maret 1608 karena pemerintah kota tidak memiliki bangunan pada masa itu. Dulunya Cabildo of Buenos Aires digunakan oleh dewan administrasi kolonial untuk melakukan pertemuan. Saat ini gedung tersebut dinilai memiliki elemen arsitektur menarik yang menggambarkan sejarahnya. 

Saat berkunjung ke Cabildo of Buenos Aires, sahabat Meddy dapat melihat pemandangan yang luar biasa dari balkon dan, di dalamnya, sahabat Meddy dapat menemukan detail sejarah yang menjelaskan masa lalu politik negara Argentina. Disini sahabat Meddy dapat melihat artefak yang menarik dan mendapatkan pengetahuan yang lebih dalam tentang Revolusi Mei yang berkontribusi penting untuk kemerdekaan Argentina. Di gedung ini juga terdapat perhiasan, pakaian, dokumen lama, serta peralatan yang menjelaskan tentang budaya Argentina.

6. Bangunan Casa Rosada

Berikutnya, bangunan terbaik di Argentina selanjutnya yang harus sahabat Meddy kunjungi yaitu Casa Rosada. Bangunan ini dikenal dengan warna merah mudanya. Secara harfiah Casa Rosada berarti “Istana Merah Muda” karena warna merah mudanya yang khas. Saat ini Casa Rosada menampung cabang eksekutif pemerintah Argentina. Didirikan pada tahun 1580, Casa Rosada sendiri tadinya merupakan sebuah bangunan yang awalnya digunakan sebagai rumah pabean dan akhirnya menjadi milik pemerintah. Menurut sejarah, warna merah muda yang dipakai merupakan pilihan politik. 

Jika tertarik, sahabat Meddy dapat memilih mengikuti tur yang tersedia dalam bahasa Spanyol dan Inggris. Sahabat Meddy harus terlebih dahulu memesan tur ini melalui situs web http://visitas.casarosada.gob.ar/ dan jangan lupa untuk membawa paspor sahabat Meddy.  Tur ini hanya tersedia pada weekend. Dalam tur ini, sahabat Meddy akan diberikan penjelasan secara menyeluruh tentang negara Argentina, termasuk zaman kolonial hingga saat ini. 

7. San Martín Palace

San Martín Palace atau istana San Martin merupakan markas besar Kementerian Luar Negeri Argentina yang terletak di El Centro. Istana San Martin dibangun pada tahun 1909 dan pernah dipakai untuk menampung keluarga Anchorena yang kaya. Kemudian bangunan ini diakuisisi oleh pemerintah dan digunakan sebagai Markas Upacara Kementerian Luar Negeri hingga saat ini. San Martin Palace menampilkan gaya Beaux Arts dan terdiri dari tiga tempat tinggal dan dua ruang bersama. 

Saat berkunjung ke tempat ini, sahabat Meddy bisa menggunakan tur untuk menikmati berbagai koleksi benda dari budaya Argentina, lukisan, karya seni terkenal, tembikar dari penduduk asli, serta perpustakaan besar.

Baca juga: Mau Kuliah di Luar Negeri dengan Harga Terjangkau? Yuk, Intip 3 Universitas Terbaik di Argentina!

Mediamaz Scholar

Apakah Sahabat Meddy Butuh Bantuan?

Setelah membaca artikel diatas mengenai berbagai bangunan terkenal di Argentina, kira-kira setelah membaca artikel diatas apakah sahabat Meddy tertarik untuk melanjutkan studi di Argentina? Dengan banyaknya universitas kelas dunia yang biaya kuliahnya relatif lebih terjangkau, tidak heran jika negara yang satu ini menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa asing untuk melanjutkan studinya.

Nah, jika sahabat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi kamu yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sahabat Meddy dapatkan disini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top