Kuliah-di-Mesir

Universitas Bersejarah di Mesir, Rekomendasi Untuk Pelajar Indonesia

Percaya atau tidak, berdasarkan data yang dihimpun oleh UNESCO, terdapat sekitar 2.183 pelajar Indonesia yang memilih untuk melanjutkan kuliah di Mesir. Hal ini menjadikan mesir sebagai negara favorit ke-6 bagi para pelajar Indonesia. Nah, kali ini kami akan membahas lebih lanjut mengenai universitas terbaik di negara Mesir yang bisa menjadi pilihan kamu untuk melanjutkan studi.

1. Cairo University di Negara Mesir

Terdapat lebih dari 25 fakultas yang ada di Cairo University. Fakultas tersebut terdiri dari teknik, kedokteran, agrikultur, dan arkeologi. Meskipun bahasa resmi dari Mesir adalah Bahasa Arab, Sobat Meddy tidak perlu khawatir, karena bahasa pengantar di Cairo University adalah bahasa Inggris. Sejumlah alumni terkenal lulusan dari Cairo University adalah Boutros Boutros-Ghali (mantan sekretaris jenderal PBB), Omar Sharif (aktor nominasi Oscar), Mohamed Morsi (mantan presiden Mesir), dan Amr Moussa (sekretaris jenderal dari Arab League pada tahun 2001 hingga 2011).

Sejarah Cairo University

Universitas ini didirikan pada  21 Desember 1908, menyusul upaya untuk mendirikan pusat pendidikan tinggi nasional. Beberapa perguruan tinggi yang menjadi dasar berdirinya universitas, antara lain Technical College (لية الهندسة) pada tahun 1816,  ditutup oleh Khedive Mesir dan Sudan, Sa`id Pasha, pada tahun 1854 Universitas Kairo didirikan sebagai universitas yang terinspirasi dari Eropa. 

2. Ain shams University

Ain Shams University memiliki keunikan bangunan kampusnya yang dibangun di tempat Zaafarana Palace dulunya berada. Sejumlah fakultas yang berada di kampus utama Ain Shams adalah seni, hukum, dan sains. Sedangkan, di kampus lainnya, kamu bisa menemukan fakultas pemasaran, teknik, kedokteran, agrikultur, pendidikan, farmasi, kedokteran gigi, komputer dan ilmu informasi, dan keperawatan. 

Sejarah Ain Shams University di Negara Mesir

Universitas Ain Shams, university ketiga di Mesir, didirikan pada Juli 1950 sebagai “Universitas Ibrahim Pasha”. Bergabung dengan dua universitas sebelumnya, “Universitas Kairo” (Fua’d the 1) dan “Universitas Alexandria” (Farouk the 1) dalam mengimplementasikan pesan universitas dan menanggapi kebutuhan saat ini, meningkatkan pemuda menuju pendidikan tinggi. Pada awal berdirinya, Universitas Ain Syams terdiri dari beberapa fakultas dan lembaga akademik yang khas, yang kemudian berkembang menjadi universitas. 

3. The American University in Cairo

Universitas yang menawarkan sistem pembelajaran ala Amerika ini berhasil menjadi universitas terbaik di Mesir. Hal ini sesuai dengan pemeringkatan yang dikeluarkan oleh QS World University Rankings 2021. American University in Cairo (AUC) menawarkan 37 program sarjana, 44 program magister, dan 2 program PhD yang berakan pada pendidikan liberal arts. 

Sejarah The American University in Cairo

Universitas Amerika di Kairo, didirikan pada tahun 1919 oleh Misi Amerika ke Mesir, sebuah misi Protestan yang disponsori oleh Gereja Unifikasi di Amerika Utara, adalah universitas dan pra-universitas berbahasa Inggris. Pendiri universitas Charles A. Watson ingin mendirikan institusi pendidikan tinggi di Barat. AUC dirancang sebagai sekolah persiapan dan universitas. Sekolah persiapan dibuka untuk 142 siswa pada tanggal 5 Oktober 1920, di istana Khairy Pasha, dibangun pada tahun 1860-an. Gelar pertama yang diberikan adalah diploma perguruan tinggi junior yang diberikan kepada 20 siswa pada tahun 1923.

Pada tahun 1950, AUC menambahkan program pascasarjana pertamanya ke Bachelor of Arts, Bachelor of Science, Graduate Diploma dan program pendidikan berkelanjutan yang sedang berlangsung. Pada tahun 1978, universitas mendirikan Pusat Pengembangan Gurun untuk mempromosikan pembangunan berkelanjutan di wilayah gurun yang direklamasi di Mesir. 

4. Alexandria University di Negara Mesir

Alexandria University merupakan universitas negeri yang ada di Alexandria, Mesir. Sekarang ini, University menampung lebih dari 150.000 mahasiswa penuh-waktu. Hal ini membuat Alexandria menjadi universitas terbesar kedua di Mesir. Sejumlah program awal yang ada di Alexandria terdiri dari agrikultur, kedokteran, seni, pemasaran, teknik, hukum, dan seni. Sekarang, program tersebut telah berkembang dan berjumlah 23 secara total. Spesialisasi terbaru dari Alexandria University adalah program pendidikan turisme dan olahraga. Terletak di Kota Alexandria yang merupakan pusat budaya dan ekonomi Mesir, membuat Alexandria University menjadi begitu istimewa. Kamu bisa langsung merasakan suasana wisata ketika berkuliah di universitas ini, Kawan Rantau. Bagaimanapun, Kota Alexandria sering kali dijuluki sebagai pearl of Mediterranean.

Sejarah Alexandria University

Universitas Alexandria adalah salah satu universitas terbesar di Mesir dan  ketiga yang didirikan setelah Universitas Kairo dan Universitas Amerika di Kairo. Universitas Alexandria didirikan pada tahun 1938 ketika didirikan sebagai cabang dari Universitas Kairo (sebelumnya Fouad I) dan  awalnya hanya terdiri dari dua fakultas: Fakultas Seni dan Fakultas Hukum. Itu kemudian didirikan sebagai Universitas Farouk I di Alexandria  dengan keputusan kerajaan  2 Agustus 1942 yang terdiri dari tujuh fakultas. Thaha Husein (Dekan Fakultas Sastra Arab) adalah orang pertama yang menjabat Rektor Universitas Alexandria saat itu (1942-1944). Pada bulan Juli 1952 menerima nama “University of Alexandria”, dan sejak itu perannya meningkat berkat pendirian fakultas dan spesialisasi baru. Universitas Alexandria saat ini memiliki 21 fakultas, di samping 3 lembaga pelatihan pascasarjana khusus. Pada tahun 2010, dua cabang universitas didirikan di negara-negara Afrika, yaitu: cabang N’djamena (Chad) dan cabang Tong (Sudan Selatan).

Baca juga: 6 Makanan Khas di Mesir, Cocok untuk Hidangan Ramadhan

Mediamaz Scholar

Bagaimana, apakah Meddy sudah bisa membantu?

Untuk Sobat Meddy apabila membutuhkan bantuan, Meddy selalu tersedia untuk membantu dan memastikan semua dokumen yang akan disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah Meddy dan akan memberikan konsultasi layanan beasiswa bagi mereka yang masih bingung. Tentu saja, layanan ini ada di Mediamaz Scholar. Sobat Meddy juga dapat menggunakan layanan lain, seperti mengikuti bahasa untuk mendukung partisipasinya dalam kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top