universitas kaist

Ingin Kuliah di Universitas KAIST? Kamu Wajib Tahu Hal Ini!

Dalam beberapPendidikan di Korea Selatan menjadi salah satu pilihan bagi pelajar internasional untuk melanjutkan pendidikan. Pasalnya Korea Selatan memiliki berbagai macam universitas terbaik yang mampu menandingi universitas terbaik di dunia, dimana dalam hal ini ialah universitas KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology).

Pada kesempatan kali ini Meddy mau kasih informasi seputar universitas KAIST yang menjadi salah satu kampus unggulan yang menjadi primadona bagi mahasiswa asal Korea Selatan maupun mahasiswa internasional. Yuk simak artikel ini untuk tahu informasinya lebih lanjut!

universitas kaist

Mengenal Universitas KAIST

KAIST (Korea Advanced Institute of Science and Technology) merupakan universitas yang berdiri sejak tahun 1971. Kampus ini berfokus pada hal-hal yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan dan keteknikan yang berorientasi pada kegiatan penelitian yang komprehensif. Meskipun universitas ini hadir selama setengah abad, KAIST mampu mengungguli universitas lain di Korea Selatan maupun luar negeri. KAIST dinobatkan sebagai kampus yang paling inovatif dibandingkan kampus lain yang berada di wilayah Asia Pasifik.

  • Tepat di Kota Dejon

Kampus utama KAIST berada di wilayah Daedeok Science Town tepatnya berada di kota Daejeon. Lalu kampus lainnya tersebar luas di beberapa wilayah di Korea Selatan, seperti halnya di kota Seoul yang didalamnya menerima mahasiswa bagi program pendidikan bisnis. Dan sekolah pascasarjana di bidang keuangan, manajemen maupun manajemen informasi dan media.

  • Termasuk Univ Terbaik di Dunia

KAIST termasuk kedalam jajaran universitas terbaik di dunia di nomor peringkat ke-41, kemudian kampus ini juga menjadi salah satu universitas terbaik di Asia dan masuk ke dalam peringkat ke-12 versi QS Global World Rankings. Hal ini berbanding lurus dengan penilaian pemeringkatan universitas dimana secara keseluruhan KAIST dinilai 79.1, dalam reputasi akademik ialah 87,5, rasio mahasiswa per fakultas ialah 73,1, dan kutipan per fakultas ialah 98,8.  

  • Jumlah Mahasiswa yang Tinggi

Kurang lebih saat ini jumlah mahasiswa di universitas KAIST ialah sebanyak 9.965 mahasiswa yang terdiri dari 35% mahasiswa program sarjana, dan 65% mahasiswa program pascasarjana. Kemudian jumlah mahasiswa internasional ialah sebanyak 869 yang terdiri dari 42% mahasiswa program sarjana, dan 58% mahasiswa program pascasarjana.

  • Proyek Penelitian yang Unggul

Universitas KAIST dalam beberapa tahun terakhir ini dikenal karena proyek penelitian yang dilakukan oleh para akademisi dan mahasiswanya yang menonjol. Proyek penelitian yang dilakukan ialah pengembangan pada transportasi listrik, dimana dalam hal ini kendaraan yang bertransportasi listrik mampu menghasilkan daya dari kabel melalui pengisian daya magnet non kontak. Proyek penelitian ini menjadi salah satu upaya dari penemuan teknologi yang sifatnya kebaharuan untuk penggunaan energi tak terbaharukan dan kemacetan di kota.

  • Akreditas Internasional

Meskipun unversitas KAIST lebih berfokus terhadap program pendidikan ilmu sains dan teknologi, namun dalam beberapa tahun terakhir kampus ini juga memiliki akreditas yang diakui secara internasional dalam program pendidikan bisnis. Program ini bekerja sama dengan universitas lain seperti Carnegie Mellon dan Universitas Teknik Berlin.

Jurusan di Universitas KAIST 

KAIST University memiliki berbagai macam pilihan jurusan yang bisa diambil bagi mahasiswa program sarjana maupun mahasiswa program pascasarjana. Seperti yang dijelaskan sebelumnya kampus ini lebih berfokus terhadap ilmu sains dan keteknikan, maka dari itu kampus ini memiliki berbagai macam jurusan yang berhubungan dengan Ilmu Pengetahuan Alam. Informasi lebih lanjut mengenai jurusan apa saja yang tersedia di KAIST ialah sebagai berikut:

1. Jurusan Rekayasa dan Teknologi

Jurusan rekayasa dan teknologi merupakan jurusan yang paling direkomendasikan apabila Sobat Meddy ingin masuk ke universitas KAIST. Pasalnya jurusan ini memiliki peringkat teratas sebagai salah satu jurusan rekayasa dan teknologi terbaik yang ada di dunia. Jurusan ini termasuk kedalam peringkat ke-16 dan memiliki penilaian jurusan yaitu 87.

2. Jurusan Ilmu Material

Jurusan Ilmu Material juga termasuk kedalam jajaran jurusan terbaik di dunia, dimana Ilmu Material termasuk ke dalam peringkat ke-16 sebagai jurusan terbaik di dunia. Adapun nilai keseluruhan pada jurusan ini ialah 81,7.  

3. Jurusan yang Berhubungan dengan Keteknikan

Jurusan keteknikan menjadi jurusan favorit di universitas KAIST dimana jurusan ini paling diminati karena penilaian kualitasnya yang diakui di dunia. Adapun jurusan ketenikan yang dimaksud ialah jurusan teknik listrik dan elektronik, jurusan teknik mekanik, jurusan teknik kimia dan jurusan teknik sipil dan struktural.

Baca Juga Artikel: Beasiswa Ke Luar Negeri (Jenjang S1, S2, Dan S3)

4. Jurusan yang Berhubungan dengan Bisnis

Meskipun KAIST berfokus pada sains dan teknik, kampus ini juga menyediakan jurusan yang dapat dipilih bagi mahasiswa yang tidak mendalami atau tidak mempelajari Ilmu Pengetahuan Alam. Jurusan yang memiliki keterkaitan dengan bisnis dan ekonomi menjadi salah satu alternatif bagi mahasiswa yang ingin memilih jurusan non-sains. Adapun jurusan yang berkaitan dengan ilmu ekonomi dan bisnis ialah jurusan studi bisnis dan manajemen, jurusan akuntansi dan keuangan, dan jurusan ekonomi dan ekonometrika. 

5. Jurusan yang Berhubungan dengan Ilmu Sosial dan Humaniora

Selain jurusan bisnis, jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial dan humaniora menjadi salah satu jurusan pilihan apabila Sobat Meddy ingin memilih jurusan non-sains. Adapun jurusan yang berhubungan dengan ilmu sosial dan humaniora yang berada di universitas KAIST adalah ilmu jurusan sosial dan manajemen jurusan seni dan humaniora.  

Jurusan sosial dan manajemen termasuk satu jurusan terbaik di dunia dan menjadi salah satu jurusan yang diminati oleh pelajar lokal maupun internasional. Adapun penilaian keseluruhan pada jurusan ini ialah 73.3, dimana dalam rinciannya penilaian reputasi penilaian akademik ialah 73.4, reputasi  penilaian pekerja ialah 74.9 dan penilaian kutipan per makalah ialah 87.8.

Informasi Penerimaan Mahasiswa KAIST 2022

University KAIST saat ini sudah memberikan informasi terkait penerimaan mahasiswa tahun 2022 bagi program pendidikan sarjana maupun pascasarjana. Informasi mengenai penerimaan mahasiswa dapat dilihat sebagai berikut:

Penerimaan Mahasiswa Program Sarjana 2022

Program penerimaan mahasiswa internasional program sarjana yang saat ini masih dibuka ialah program penerimaan pada musim gugur tahun 2022. 

  • Persyaratan Pendaftaran

Adapun persyaratan untuk masuk kedalam universitas ini ialah sebagai berikut:

  1. Pendaftar telah lulus pendidikan SMA paling lambat tanggal 31 Agustus 2022
  2. Tidak memiliki kewarganegaraan Korea
  3. Pendaftar yang memiliki kewarganegaraan ganda Korea Selatan dengan negara lainnya tidak bisa dianggap sebagai calon mahasiswa asing. 
  4. Membutuhkan biaya pendaftaran KRW 80,000.
  5. Menyiapkan dokumen seperti transkrip nilai SMA, hasil tes TOEFL atau tes inggris lainnya, Passport, Penghargaan, Profil SMA
  6. Surat pernyataan kepemilikan keuangan

Timeline Penerimaan Pendaftaran

Nama Kegiatan Tanggal
Waktu Pendaftaran Dibuka 1 Maret 2022
Tenggat Pendaftaran Dibuka 27 Mei 2022
Tenggat Waktu Surat Rekomendasi 30 Mei 2022
Informasi Penerimaan 24 Juni 2022
Tahun Akademik Dimulai Musim Gugur 2022

Penerimaan Mahasiswa Program Pascasarjana 2022

Universitas KAIST pada tahun 2022 juga sedang membuka penerimaan mahasiswa internasional program pascasarjana. Adapun fakultas yang dibuka pada penerimaan tahun ini ialah fakultas Natural Science, Life Science and Bio Engineering, Engineering, Liberal Arts & Convergence Science, dan Business

Program pascasarjana bagi mahasiswa internasional mewajibkan untuk melampirkan hasil tes keterampilan berbahasa Inggris, karena bahasa Inggris menjadi bahasa utama yang digunakan dalam perkuliahan. Adapun hasil tes bahasa Inggris yang diperlukan untuk mendaftar di kampus ini ialah sebagai berikut:

  1. TOEFL iBT 83
  2. IELTS 6.5
  3. TOEIC 720
  4. TEPSS 599 

Informasi lebih lanjut mengenai penerimaan mahasisswa program pascasarjana 2022 masih belum dijelaskan lebih lanjut, namun untuk mengetahui lebih lanjut Sobat Meddy dapat mengakses link ini.

Apa yang Bisa Meddy Bantu?

Meddy akan selalu senantiasa membantu sobat semuanya untuk mempersiapkan kelengkapan dokumen dengan bantuan penerjemah tersumpah dan memberikan layanan konsultasi beasiswa untuk Sobat yang masih bingung. Tentunya layanan ini hadir di Mediamaz Scholar. Kemudian Sobat Meddy juga bisa menggunakan layanan lainnya seperti mengikuti kursus bahasa, sebagai penunjang untuk mengikuti kegiatan beasiswa di luar negeri. Untuk informasi lebih lengkap silahkan cek website kami, follow juga Instagram Mediamaz Scholar. 

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top