singapur

Siap Kuliah di Universitas Nasional Singapur? Cek Informasi Lengkapnya Disini!

Kuliah di Singapura menjadi salah satu impian bagi beberapa pelajar internasional, khususnya bagi negara yang berada di kawasan Asia Tenggara. Hal ini disebabkan oleh sistem pendidikan yang ditawarkan di negara Singapur sangat berkualitas. Selain itu beberapa universitas di Singapura termasuk ke dalam kampus yang memiliki peringkat terbaik di dunia. Salah satu universitas terbaik di Singapura ialah Universitas Nasional Singapura atau yang biasa dikenal dengan National University of Singapore.

Pada artikel ini Meddy akan menjelaskan informas kepada Sobat semuanyai mengenai Universitas Nasional Singapura secara mendalam, seperti fasilitas, program pendidikan, maupun informasi mengenai biaya kuliah dan beasiswa di kampus ini. Apabila Sobat tertarik dengan kampus ini tentunya wajib banget bagi Sobat sekalian untuk menyimak informasi seputar Universitas Nasional Singapura. Yuk baca artikelnya di bawah ini!

Mengenal Universitas Nasional Singapur

Universitas Nasional Singapura atau yang biasa dikenal dengan nama National University of Singapore (NUS) merupakan universitas ternama yang berada di wilayah Asia Tenggara. Kampus ini ditujukkan untuk melakukan upaya pendekatan global dan melakukan pendidikan dan penelitian dengan fokus pada perspektif dan keahlian masyarakat di Asia. 

  • Singapur: Membuka Kesempatan Untuk Pelajar Internasional

Meskipun demikian, Universitas Nasional Singapura tetap memberikan kesempatan bagi pelajar internasional diluar Asia untuk ikut serta dalam mengemban pendidikan. NUS terdiri dari 15 fakultas dan memiliki sekolah di tiga kampus. Tiga kampus yang dimaksud tersebar di berbagai wilayah Singapura, adapun kampus ini terletak di Kent Ridge, Bukit Timah, dan Outram. Kampus yang terletak di Kent Ridge biasa digunakan oleh Mahasiswa yang mengambil gelar magister business analytic.

  • Jumlah Mahasiswa yang Variatif

Jumlah mahasiswa aktif saat ini ialah berjumlah 30,312 orang yang terdiri dari 18% mahasiswa program pendidikan pascasarjana dan 82% mahasiswa program pendidikan sarjana. Kemudian pelajar internasional di kampus ini terdiri dari 7,551 orang yang terdiri dari 50% mahasiswa program pendidikan sarjana, dan 50% mahasiswa program pendidikan pascasarjana.

  • Universitas Terbaik di Dunia

Dilansir dari QS Global World Rankings 2022, dapat diketahui bahwa Universitas Nasional Singapore berada di dalam urutan ke-11 sebagai universitas terbaik di dunia. Kemudian berada di peringkat ke-1 sebagai universitas terbaik yang ada di dunia  dan sebagai universitas dengan jurusan terbaik yang ada di dunia. Kampus ini juga mendapatkan peringkat ke-17 dengan kelayakan kerja dari para lulusan yang dulunya berkuliah disini.

  • Pendidikan di Singapur yang Transformatif

Kampus ini dikenal dengan pendidikan yang diajarkan secara transformatif dan mencakup kurikulum berbasis luas yang digarisbawahi oleh multidisiplin dan lintas fakultas yang dapat dipilih oleh pelajar internasional. Lewat sistem pendidikan ini, NUS berusaha untuk melahirkan lingkungan yang mendukung dan inovatif untuk menyebarluaskan usaha atau tindakan kreatif dari masyarakat kampus.

  • Bekerjasama di Berbagai Bidang

Universitas Nasional Singapura telah melakukan kerja sama dan memiliki kemitraan dengan berbagai perusahaan dengan beragam bidang indsutri, pemerintah, maupun dengan akademisi. Hal ini ditujukkan untuk mengatasi permasalahan penting dan kompleks yang relevan bagi wilayah Asia maupun wilayah yang global.

  • Distribusi Researcher

Saat ini peneliti sudah tersebar di berbagai sekolah maupun fakultas di Universitas Nasional Singapura. Hal ini berbanding lurus dengan berdirinya 30 lembaga dan pusat penelitian yang berada di tingkat universitas, dan pusat penelitian unggulan yang mendalami dan mengkaji berbagai ilmu pengetahuan seperti energi, lingkungan dan pembangunan kota yang berkelanjutan, pengobatan dan pencegahan penyakit umum bagi masyarakat di Asia, penuaan aktif, bahan canggih, manajemen resiko, dan ketahanan sistem keuangan.

Fasilitas di Universitas Nasional Singapur

Berada di peringkat pertama sebagai universitas terbaik di dunia, Universitas Nasional Singapura juga memiliki sejumlah layanan dan fasilitas yang menunjang pelajar untuk belajar dan menempuh pendidikan dengan aman dan nyaman. Fasilitas yang menunjang dan memadai tentunya akan mendorong semangat para pelajar untuk terus belajar. Adapun fasilitas di Universitas Nasional Singapura ialah sebagai berikut:

1. Pusat Olahraga Universitas Singapur

Pusat Olahraga Universitas merupakan fasilitas penunjang bagi pelajar untuk berolahraga dan melakukan kegiatan lain yang memberikan kebugaran bagi tubuh. Fasilitas ini menjadi fasilitas olahraga yang utama di Universitas Nasional Singapura. 

Fasilitas Olahraga terdiri dari aula olahraga serbaguna, satu kolam renang indoor dan satu kolam renang outdoor yang memiliki ukuran standar Olimpiade. Kemudian fasilitas lain yang disediakan disini ialah pusat kebugaran (gym), lapangan tenis, 2 lapangan squash, lintasan lari, lapangan sepak bola, ruangan konferensi dan pertemuan.

2. Fasilitas Olahraga University TownTM (U-Town)

Fasilitas Olahraga yang terletak di dalam U-Town, Stephen Riady Center, memiliki fasilitas olahraga yang di dalamnya terdiri dari dua aula olahraga serbaguna, dinding panjat tebing, pusat kebguaran (gym) dan kolam rekreasi.

3. Yusof Ishak Home (YIH) Student Hub

Yusof Ishak Home merupakan fasilitas yang digunakan untuk mengakodomasi para pelajar untuk melakukan kegiatan di luar kelas, dengan mengikuti kegiatan organisasi mahasiswa, melakukan berbagai macam kegiatan. Kemudian fasilitas yang tersedia di Yusof Ishak Home ruang pertemuan, sanggar tari, plaza pertunjukan, dan ruang diskusi.

4. Fasilitas Olahraga di Kampus Bukit Timah

Fasilitas olahraga yang tersedia di kampus ketiga di Seoul National University atau biasa disebut dengan bukit timah terdiri dari kolam renang, lintasan lari, lapangan indoor untuk olahraga basket, tenis meja, squash, dan lapangan outdoor bagi olahraga tenis, basket, dan voli.  Nah, Fasilitas olahraga ini disediakan oleh Kementrian Pendidikan di Singapura dan diperuntukkan bagi pelajar dan staff di NUS.

5. Sarana Perpustakaan

Selain fasilitas olahraga yang dapat digunakan oleh mahasiswa dan staff. Universitas Nasional Singapura juga menyediakan fasilitas lain seperti perpustakaan. Seoul National University memiliki 8 perpustakaan yang terdiri dari 7 perpustakaan yang berada di wilayah Kent Ride, dan 1 perpustakaan yang dibangun di kampus Bukit Timah.

6. Fasilitas MSBA

Mahasiswa yang mengambil program pendidikan MSBA (Master of Science Business Analytics) memiliki akses fasiltas ke dalam NUS Business School dan NUS Computing. Fasilitas ini juga menyediakan lounge yang dilengkapi dengan area pertemuan dan minnuman ringan. Ruangan ini terletak di Icube Building di kampus Kent Ride

Program Pendidikan di Universitas Nasional Singapur

Universitas Nasional Singapur menyediakan program pendidikan bagi mahasiswa S1 yang ingin mengambil gelar sarjana, mahasiswa S2 yang ingin mengambil gelar magister, maupun mahasiswa S3 yang ingin mengambil gelar doktoran. Kemudian Universitas Nasional Singapura juga memiliki jenis sistem pendidikan yang berbeda. Oleh sebab itu calon mahasiswa dapat memilih pendekatan atau sistem apa yang mungkin cocok.

Sistem pendidikan yang pertama ialah terpadu. Maksud dari sistem ini ialah sama seperti mahasiswa umumnya yang memilih jurusan dan fakultas secara terfokus dan mendalami materi yang hanya berkaitan dengan jurusan dan fakultas tersebut. Kemudian sistem pendidikan kedua yang dapat dipilih ialah multi-disiplin, dimana dalam hal ini mahasiswa atau pelajar dapat memahami dan mempelajari suatu pembelajaran yang beragam sesuai apa yang diminati oleh calon mahasiswa.

Baca Juga: Informasi Penting Untuk Kamu Yang Ingin Kuliah Di Seoul National University!

Fakultas di Universitas Nasional Singapur

Seperti yang dijelaskan pada bagian pengenalan Universitas Nasional Singapura, kampus ini terdiri dari 15 fakultas. Kemudian kampus ini juga memiliki 2 program pendidikan yang dapat dipilih oleh pelajar internasional maupun lokal. Berikut ini ialah daftar fakultas dan program pendidikan yang dapat dipilih di Universitas Nasional Singapura:

  • Seni dan Ilmu Sosial

  • Bisnis

  • Komputasi

  • Continuing and Lifelong Education

  • Kedokteran gigi

  • Desain dan Lingkungan

  • Sekolah Kedokteran Duke-NUS

  • Ilmu dan Teknik Integratif

  • Integrative Sciences and Engineering

  • Hukum

  • Farmasi

  • Musik

  • Kesehatan Masyarakat

  • Kebijakan Publik

  • Sains

  • Program Beasiswa Universitas

  • Perguruan Tinggi Yale-NUS

Informasi Pendaftaran Mahasiswa

Saat ini Universitas Nasional Singapura tengah membuka pendaftaran bagi calon mahasiswa tahun ajaran 2022-2023. Adapun informasi lebih lanjut sebagai berikut

Alur Pendaftaran

Tahap 1

Memahami persyaratan pendaftaran

Tahap 2

Mengirimkan aplikasi pendaftaran secara online 

Tahap 3

Mengunggah dokumen yang dibutuhkan dan membuat formulir pembayaran pendidikan

Tahap 4

Melakukan pengecekan status formulir

Timeline Pendaftaran

Tipe Kualifikasi

Tenggat Pendaftaran Tenggat Pengumpulan Dokumen

Hasil Pendaftaran

  1. Indonesian Ujian Nasional (UN)
  2. Vietnam National High School Graduation Examination
  3. Unified Examinition Certificate (UEC)
14 Februari 2022 17 Februari 2022 Pertengahan Mei
Tipe Kualifikasi Lainnya 28 Februari 2022 3 Maret 2022 Pertengahan Mei sampai Akhir Juli

SNU Scholarhsip

Internal Scholarship
  1. ASEAN Undergraduate Scholarship (AUS)
  2. Science & Technology (S&T) Undergraduate Scholarship
Eksternal Scholarship
  1. Benjy Grinberg Scholarship
  2. CIMB ASEAN Scholarship
  3. Evolve Warrior Scholarship
  4. Dr Goh Keng Swee (GKS) Scholarship
  5. Kuok Foundation Undergraduate Awards
  6. Saudi Aramco Scholarship

Informasi lebih lanjut mengena University National of Singapore dapat dilihat disini.

universitas kaist

Mengapa Memilih Mediamaz Scholar?

Mediamaz Scholar memiliki berbagai jenis layanan yang mampu menunjang Sobat Meddy untuk menggapai cita-cita dan impiannya melanjutkan pendidikan di Universitas Nasional Singapura. Dengan hadirnya layanan konsultasi beasiswa, kursus bahasa, visa pelajar, dan layanan lainnya yang ditujukkan khusus bagi Sobat Meddy.

Selain layanan yang telah disebutkan, Mediamaz Scholar juga memiliki penerjemah tersumpah yang mampu menerjemahkan dokumen ke lebih dari 24 bahasa asing. Tentunya hal ini akan memberikan kemudahan bagi Sobat Meddy yang ingin menyelesaikan proses kelengkapan dokumen secara mudah dan cepat. Untuk informasi lebih lanjut, cek layanan kami disini dan follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top