4 Hal Penting yang Harus Diketahui Mahasiswa Sebelum Lulus!

4 Hal Penting yang Harus Diketahui Mahasiswa Sebelum Lulus!

Untuk kamu mahasiswa tingkat akhir, pasti akan disibukan dengan yang namanya skripsi. Bukan hanya soal skripsi yang harus buru-buru kelar, tapi juga menentukan nasib bagaimana setelah lulus nanti. Ada yang memutuskan untuk bekerja di perusahaan, membuat bisnis sendiri, dan ada juga yang melanjutkan studinya. Terlepas dari itu semua, ada hal-hal yang dapat kamu lakukan sebelum lulus kuliah. Berikut 4 hal penting  mahasiswa yang harus diketahui sebelum lulus kuliah. Simak ya!

Aplikasi yang Wajib Dimiliki Oleh Mahasiswa

Sebelum langsung membahas apa saja yang wajib diketahui mahasiswa sebelum lulus, Meddy ingin merekomendasikan beberapa aplikasi untuk mempermudah sobat Meddy saat kuliah. Zaman yang serba canggih membuat hampir semua kalangan memiliki smartphone. Nggak terkecuali para mahasiswa. Bahkan bisa dibilang, mahasiswa dan smartphone seperti dua hal yang tidak terpisahkan, apalagi di masa pandemi ini. Hampir semua aktivitas yang dilakukan mahasiswa membutuhkan peran smartphone di dalamnya. Berikut 4 hal penting dari segi aplikasi yang wajib dimiliki oleh mahasiswa.

1. CamScanner

Sebagai mahasiswa terkadang kamu sering mendapat berkas-berkas berbentuk hardcopy dan harus mengunduhnya secara online. Nah, CamScanner ini sangat membantu karena fungsinya untuk men-scan berkas-berkas itu. Dengan aplikasi scanner, kamu bisa men-scan dokumen, tulisan dosen di papan, hingga catatan kuliah melalui HP. 

2. WPS Office – Word, Docs, PdF, Note, Slide & Sheet

Namanya juga mahasiswa, pastinya tak lepas dengan banyaknya tugas-tugas dari setiap mata kuliah. Biasanya tugas-tugas yang diberikan dosen bisa berupa word, excel maupun powerpoint. Nah, kamu bisa menggunakan aplikasi WPS Office + PDFCara kerjanya sama halnya dengan Microsoft Office yang biasa kamu gunakan di laptop, yaitu kamu bisa membuat dokumen baru, mengedit file, mengubah file dokumen menjadi PDF atau sebaliknya dan sebagainya. Selain itu, kamu juga bisa mengirim file langsung ke gmail, whatsapp dan lainnya.

3. Email

Setiap dosen menerapkan pengumpulan tugas-tugas dengan cara yang berbeda. Ada yang harus di print dan jilid terlebih dahulu, ada pula yang mau praktis yaitu kirim dokumen lewat email. Bukan hanya itu saja, segala informasi kampus juga biasanya akan dikirimkan melalui email yang kamu daftarkan. Untuk itu aplikasi email seperti Gmail atau Yahoo yang sudah ada di smartphone kamu jangan dihapus, ya!

4 Hal Penting yang Harus Dilakukan Mahasiswa Sebelum Lulus Kuliah

Menjelang masa perkuliahan selesai, nggak bisa dipungkiri perasaan kita sebagai mahasiswa jadi campur aduk nggak karuan. Soalnya ada banyak persiapan sebelum lulus kuliah yang mesti dilakukan. Bukan cuma soal skripsi yang harus buru-buru kelar, tapi juga bagaimana menentukan nasib kita setelah lulus kuliah nanti. Berikut 4 hal penting mahasiswa yang harus dipersiapkan sebelum lulus kuliah:

1. Perbanyak pengalaman dan bangun relasi saat menjadi mahasiswa

Tidak ada salahnya loh kamu aktif dalam kegiatan di kampus. Kamu juga bisa mengikuti program magang atau internship di beberapa perusahaan atau instansi yang bekerja sama dengan kampus kamu. Dari program tersebut, kamu bisa belajar praktik secara langsung serta mendapat gambaran bagaimana lingkungan pekerjaan di suatu perusahaan atau instansi.

2. Buat CV dan portofolio yang menarik dan akurat

Tidak ada salahnya kamu merancang CV dan portofolio sebelum lulus kuliah. Berkas tersebut wajib dipersiapkan sebelum melamar pekerjaan. Buatlah CV dan portofolio sejujur mungkin sehingga tidak mengecewakan orang yang ingin merekrut kamu. Portofolio biasanya digunakan untuk mendaftar pekerjaan di bidang media maupun seni.

3. Ikut pelatihan, seminar, magang, dan workshop

Pelatihan, seminar, dan workshop biasanya menyediakan sertifikat untuk para pesertanya. Jika kamu mengikuti kegiatan ini, maka sertifikat yang diperoleh bisa digunakan sebagai penunjang kamu melamar kerja. Hal ini memberikan nilai tambah meskipun kamu belum ahli dalam suatu bidang. Kamu juga mencantumkan pengalaman mengikuti pelatihan, magang, seminar, dan workshop ini di CV.

4. Mengikuti organisasi mahasiswa

Untuk membantu mengisi CV kamu selama masa kuliah, kamu bisa mengikuti beberapa kegiatan atau organisasi internasional ini loh!

A. AIESEC: Merupakan organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang fokus untuk mengasah jiwa leadership pemuda yang berusia 18 – 30 tahun. 

B. Model United Nations (MUN): Buat kamu yang suka public speaking , MUN lah jawabannya. Di MUN, peserta akan mengikuti konferensi seperti para diplomat yang sesungguhnya. Selain itu, MUN juga menyediakan program internship (IMUN).

C. Students x CEOsStudents x CEOs menyediakan berbagai program yang bertujuan untuk menyiapkan para future leaders, loh. Organisasi ini kerap menyediakan sharing session bersama dengan para founder dan CEO terkemuka

5. Mencoba ikut beasiswa

Nah, bagi kamu yang ingin melanjutkan studi di luar negeri dengan melalui beasiswa. Kamu sudah harus tahu mengenai dokumen yang perlu kamu persiapkan!

  • Sertifikat kemampuan bahasa asing.
  • Surat rekomendasi.
  • Essay atau motivation letter.
  • CV.
  • Ijazah dan transkrip nilai.

Baca juga: Mengintip 10 Gaya Hidup Mahasiswa Internasional di Malaysia, dari Makanan hingga Olahraga

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, 4 hal penting yang harus diketahui dan dipersiapkan mahasiswa sebelum lulus atau bisa dikatakan life hacks supaya ketika lulus kamu nggak perlu bingung lagi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan studi ke jenjang selanjutnya di luar negeri, kamu perlu persiapkan dokumen loh. Yuk, kamu bisa konsultasi secara gratis dengan tim expert study abroad dari Mediamaz Scholar. Lebih lanjut, hubungi kami di sini

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top