Beasiswa S1 Dalam Negeri 2021 - 2022

Ada Beasiswa S1 Dalam Negeri 2021/2022? Cek Disini

Salah satu penghambat untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi, salah satunya adalah biaya. Seperti yang diketahui bahwa biaya kuliah terbilang cukup mahal, namun jangan khawatir karena saat ini sudah cukup banyak program beasiswa S1 dalam negeri yang ditawarkan untuk semua pelajar di Indonesia. 

Hingga saat ini ternyata masih banyak para lulusan SMA/ Sederajat yang terhambat untuk melanjutkan pendidikan yang lebih tinggi karena terhalang masalah biaya. Padahal, perlu kamu ketahui bahwa banyak lembaga yang menyediakan atau menawarkan program beasiswa bagi para lulusan SMA. Penasaran program beasiswa S1 dalam negeri apa saja yang tersedia? Yuk cek di bawah ini.

1. Program Beasiswa Bidikmisi, Beasiswa S1 Dalam Negeri yang Selektif Banget!

Sesuai yang terdapat di laman resminya, beasiswa Bidikmisi disebut sebagai bantuan biaya pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi. Namun, calon penerima beasiswa harus memiliki potensi akademik yang baik untuk menempuh pendidikan di perguruan tinggi dan mampu lulus kuliah tepat waktu.

Untuk bantuan beasiswa program Bidikmisi sendiri disesuaikan dengan masing-masing jenjang, seperti jenjang D3 diberikan selama 6 semester. Sementara itu, untuk program beasiswa D4 dan S1 diberikan selama 8 semester. Uang kuliah pun akan dibayarkan langsung kepada masing-masing instansi tujuan dan uang saku serta tunjangan buku diberikan langsung kepada mahasiswa setiap satu semester. Program beasiswa Bidikmisi ini dapat diikuti oleh calon mahasiswa yang baru ingin mendaftar kuliah ataupun yang baru diterima di perguruan tinggi negeri maupun swasta. 

2. Beasiswa S1 Dalam Negeri, Bank Indonesia

Program beasiswa ini diberikan oleh Bank Indonesia untuk mahasiswa jenjang S1 di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Beasiswa BI tidak terbatas pada pembiayaan untuk mendukung biaya pendidikan, tunjangan studi, maupun biaya hidup. Para penerima beasiswa BI juga diwadahi oleh komunitas dan nantinya akan mendapatkan pelatihan secara berkala dan terarah guna meningkatkan kompetensi individu, serta mengembangkan karakter dan jiwa kepemimpinan supaya mampu menjadi insan unggul dan berdaya saing.

Beasiswa S1 Dalam Negeri
By Pixabay

3. Paling Dicari Beasiswa S1 Dalam Negeri, Beasiswa BCA

Bank BCA sebagai salah satu bank swasta terbesar di Indonesia juga menawarkan program beasiswa S1 yang bisa kamu coba! Seperti yang dijelaskan di dalam laman resminya, beasiswa BCA ditujukan kepada para lulusan SMA/Sederajat yang berprestasi. Beasiswa ini diberikan dalam bentuk Program Pendidikan Bisnis dan Perbankan (PPBP) dan Program Pendidikan Teknik Informatika (PPTI).

Kedua program tersebut akan berlangsung selama 2,5 tahun dan bertempat di BCA Learning Institute. Ada beberapa keuntungan yang bisa kamu peroleh jika mendapatkan beasiswa kuliah ditawarkan oleh bank BCA.

Misalnya, disediakan buku pelajaran sepanjang program pembelajaran berlangsung. Kemudian bagi penerima beasiswa program PPTI juga disediakan laptop. Penerima beasiswa juga dibebaskan dari biaya pendidikan dan bahkan mendapatkan uang saku bulanan. Lalu ada fasilitas lain yang disediakan seperti dormitory, shuttle bus, dan makan siang.

4. Beasiswa YBM BRI

Yayasan Baitul Maal BRI (YBM BRI) merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang menghimpun dan mengelola dana zakat masyarakat di seluruh Indonesia. Program yang diselenggarakan oleh YBM BRI meliputi pendidikan, sosial, kesehatan, dan ekonomi. Salah satu program unggulan YBM BRI dalam bidang pendidikan adalah SMART Scholarship. 

Beasiswa untuk mahasiswa S1 yang diberikan berupa tunjangan prestasi sebesar Rp 500.000,- per bulan selama 1 tahun, peningkatan soft skill, networking, dll. Salah satu persyaratannya yaitu merupakan mahasiswa/i semester 2 dari kampus yang bermitra dengan Program Beasiswa YBM BRI Smart.

BACA JUGA: Informasi Beasiswa ke Jepang

5. APERTI BUMN Scholarship! Beasiswa S1 Dalam Negeri Paling Begerngsi

Nah, Beasiswa S1 yang satu ini ditujukan buat kamu yang tertarik untuk meneruskan studi di perguruan tinggi yang ada di bawah naungan APERTI BUMN. Dikutip dari laman resminya, beberapa perguruan tinggi tersebut antara lain:

  • Universitas Pertamina

  • Universitas Internasional Semen Indonesia

  • Telkom University

  • Politeknik Pos Indonesia

  • Sekolah Tinggi Manajemen Logistik

  • Institut Teknologi Telkom Surabaya

  • Institut Teknologi PLN

  • BRI Institute.

Program beasiswa yang ditawarkan adalah pembiayaan secara penuh hingga masa studi selesai. Calon penerima beasiswa ini akan diseleksi berdasarkan nilai rapor yang dimilikinya. Kemudian, ada pula beberapa proses seleksi lainnya seperti wawancara yang dilakukan secara online. Beberapa persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkan beasiswa ini misalnya harus sudah lulus SMA/SMK dan memiliki nilai rapor.

BACA JUGA: Informasi Beasiswa Kuliah di Luar Negeri 2021 – 2022

Cakupan Beasiswa Keseluruhan, Beasiswa S1 Dalam Negeri 

Berikut adalah cakupan pembiayaan S1 dalam negeri 

Biaya Pendidikan: 

  1. Tunjangan Pendaftaran 
  2. Biaya SPP/Tuition Fee 
  3. Tunjangan Buku 
  4. Biaya Skripsi

Tunjangan Biaya Pendukung, Beasiswa S1 Dalam Negeri:

  1. Transportasi 
  2. Asuransi Kesehatan 
  3. Tunjangan Hidup Bulanan 
  4. Biaya Kedatangan 
  5. Tunjangan Keadaan Darurat 

Dana Pendukung (Penerima beasiswa disabilitas): 

  1. Dana Transportasi Pendamping 
  2. Dana Asuransi Kesehatan 
  3. Pendamping 
  4. Biaya Pendukung Lainnya yang disetujui LPDP

Mediamaz Scholar

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai beasiswa S1 dalam negeri yang bisa kamu coba loh sobat Meddy. Dengan adanya program beasiswa yang ditawarkan ini, diharapkan dapat membantu sobat semua untuk melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi.

Dan Kamu masih bingung bagaimana persiapan dokumen untuk mendaftar beasiswa? Tenang! Mediamaz Scholar menyediakan layanan perihal persiapan dokumen beasiswa. Kamu akan dibantu oleh mentor yang sudah berpengalaman dalam mendaftar beasiswa, jadi nggak perlu khawatir dengan informasi yang diperoleh. Untuk jam konsultasi pun fleksibel atau sesuai dengan kebutuhan kamu loh. Yuk coba follow Instagram Mediamaz Scholar ya.

Kami juga memiliki layanan lainnya yang bisa kamu manfaatkan seperti konsultasi beasiswa, kelas bahasa hingga preparation test TOEFL/IELTS. Untuk mempermudah kamu dalam mencapai cita – cita bisa kuliah di luar negeri, kamu bisa langsung menghubungi tim marketing kami di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top