Jurusan Pertanian dan Kehutanan: 5 Universitas Terbaik di Dunia

Intip 5 Universitas Terbaik untuk Jurusan Pertanian dan Kehutanan!

Bagi kamu yang duduk di bangku kuliah dan memilih jurusan ilmu pengetahuan alam sudah tidak asing lagi dengan pelajaran biologi. Biologi adalah ilmu yang mempelajari ilmu hayat adalah kajian tentang kehidupan, dan organisme hidup, termasuk struktur, fungsi, pertumbuhan, evolusi, persebaran, dan taksonominya. Ilmu biologi modern membahas pengetahuan yang sangat luas, elektik, serta terdiri dari berbagai macam cabang dan subdisiplin termasuk jurusan pertanian dan kehutanan. (Source by: Wikipedia.com)

Jurusan Pertanian dan Kehutanan

Nah, kalau kamu tak awam dengan ilmu biologi, maka bidang studi Pertanian & Kehutanan merupakan ilmu turunan dari biologi yang mempelajari mengenai wawasan pengetahuan tentang isu-isu yang sedang terjadi terkait ilmu bumi atau lingkungan. Contohnya yakni tentang mempelajari perubahan cuaca, pelestarian lingkungan, observasi hewan/tanaman, dan masih banyak lagi. Program studi ini diketahui menggabungkan teknik kejuruan dan manajemen. Dalam proses kerja nantinya, kedua hal tersebut akan sangat berpengaruh dan menunjang bisnis apabila terus dikembangkan atau di kolaborasikan. 

Tidak hanya di Indonesia, berbagai universitas terbaik di dunia juga menyediakan program studi Agrikultur dan Kehutanan. Berikut adalah beberapa universitas yang menyediakan jurusan Pertanian dan Kehutanan dengan kualitas terbaik di dunia menurut QS Quacquarelli Symonds.

Baca Juga : 4 Jurusan Kuliah Cocok untuk Para Pecinta Alam dan Lingkungan

Jurusan Pertanian di Universitas Wageningen, Belanda

Wageningen merupakan kampus di Belanda dengan peringkat nomor satu dunia yang terkenal dengan studi pertanian, peternakan dan biologinya. Dengan pengalaman riset yang terus dilakukan, kampus ini terus menghasilkan ide atau temuan yang sangat inovatif. Maka tidak heran apabila Wageningen ditetapkan sebagai kampus favorit dan menduduki jajaran nomor satu di dunia.

Universitas California, Amerika Serikat

Kampus yang kerap disebut UC Davis ini merupakan kampus yang juga menyediakan program studi Agriculture & Forestry terbaik. Selain menawarkan jurusan yang beragam, kampus ini juga memiliki hutan kampus yang sering kali digunakan untuk kegiatan rekreasi dan riset. Dengan berlokasikan di Sacramento membuat jurusan ini memiliki daerah yang strategis untuk terus mengembangkan pembelajaran pada bidang studi Agriculture & Forestry.

Universitas Agrikultur Swedia, Swedia

Berpusat di Uppsala, Swedia, kampus khusus bidang studi pertanian ini terdiri dari empat fakultas, yaitu: Faculty of Landscape Planning, Faculty of Natural Resources And Agriculture Sciences, Faculty of Veterinary Medicine & Animal Science, dan terakhir Faculty of Forest Sciences. Kampus yang dikenal dengan singkatan SLU ini diketahui berada dibawah Ministry of Rural Affairs Swedia.

Jurusan Pertanian di Universitas Michigan, Amerika Serikat

Walaupun hampir tidak pernah dijelaskan bahwa Amerika Serikat merupakan sebuah negara yang agraris, namun nyatanya negara ini memiliki hasil pertanian yang melimpah. MSU merupakan salah satu dari beberapa kampus terbaik yang ada di Amerika Serikat. Tidak heran apabila kampus ini menjadi favorit dan menyediakan program studi Agriculture & Forestry yang selalu masuk dalam deretan terbaik di dunia.

Jurusan Agroparistech, Perancis

AgroParisTech memiliki nama resmi Paris Institute of Technology for Life, Food and Environmental Sciences. Kampus yang menyediakan program studi dalam bidang Agriculture & Forestry dengan keunggulan terbaik. Hal tersebut membuat persaingan yang sangat ketat apabila ingin masuk dalam jurusan ini. Namun hal tersebutlah yang membuat kampus yang terletak di kota Paris ini terkenal dan masuk kedalam jajaran tingkat dunia.

Selain beberapa kampus yang telah disebutkan, masih banyak kampus lainnya yang menyediakan program studi Pertanian dan Kehutanan dengan kelebihan yang tidak kalah unggul. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa kampus yang berhasil menduduki peringkat dunia dalam bidang studi Pertanian dan Kehutanan. Di antaranya yaitu Institut Pertanian Bogor (59), Universitas Gadjah Mada (151-200), Institut Teknologi Bandung (301-250).

Mata Kuliah Jurusan Pertanian dan Kehutanan

Ada beberapa mata kuliah yang akan kamu pelajari, yaitu:

  • Prinsip ilmu matematika
  • Prinsip ilmu kimia
  • Principles geografi
  • eksperimen pada ilmu geologi
  • Prinsip ilmu kimia
  • Biokimia
  • Ilmu tanah
  • genetik tumbuhan dan sumber kimia
  • genetika pada hewan
  • teknik genetika
  • prinsip dan teknik penanaman tumbuhan

Jurusan Pertanian untuk IPA atau IPS?

Dikarenakan pelajaran yang akan diuji adalah pelajaran biologi, kimia untuk perkembangan tumbuhan, flora fauna, dan teknik penanaman makan jurusan pertanian ini hanya dapat diambil oleh jurusan IPA saja. Tetapi ada beberapa universitas diluar negeri yang memberikan sedikit kuota bagi calon mahasiswa IPS yang memiliki minat di bidang pertanian. Tetapi, balik lagi ya sobat Meddy. Kamu diwajibkan untuk memahami hal-hal berbau biologi, kimia, ilmu fisika, genetika dan segala rumus-rumus yang sudah diperkenalkan terlebih dulu saat calon mahasiswa jurusan IPA menduduki bangku SMA. Untuk kamu yang mengambil jurusan IPS, tenang saja! Meddy juga punya banyak info menarik untuk semua jurusan SMA, kok! jadi, tetap stay tune terus di website resmi Mediamaz Scholar.

Baca Juga : 5 Universitas Dengan Jurusan Bisnis dan Manajemen Terbaik di Dunia!

Layanan Mediamaz Scholar

Setelah kamu melihat artikel menarik mengenai jurusan pertanian dan kehutanan ini, apakah kamu berkeinginan untuk mengambil jurusan ini ? Tenang saja, Banyak universitas-universitas yang sudah menyediakan program studi ini baik di luar negeri ataupun di dalam negeri. Tapi, siapa sih yang tidak mau mendapatkan beasiswa untuk mempermudah kamu untuk menggapai cita-cita mu? Bagi kamu yang berminat dalam mendalami ilmu atau jurusan Pertanian & Kehutanan semoga informasi ini dapat membantu dan bisa meningkatkan motivasi kamu ya. Serahkan kebutuhan terjemahan dan konsultasi terkait persyaratan dokumen kamu pada Mediamaz Scholar. Hubungi di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top