Beasiswa Pemerintah Kanada Jenjang S3 (Vanier CGS) 2021

Beasiswa Pemerintah Kanada Jenjang S3 (Vanier CGS) 2021

Kanada adalah salah satu tujuan studi yang paling didambakan tetapi hanya sedikit yang mampu membiayai pendidikan di negara tersebut. Untungnya, Pemerintah Kanada memberikan dukungan keuangan kepada warganya dan bahkan memberikan sikap itu kepada siswa internasional. Jika kamu ingin belajar di Kanada, ada banyak pilihan beasiswa untuk kamu, salah satunya beasiswa pemerintah Kanada untuk jenjang S3 (Vanier CGS). Yuk, kita bahas lebih dalam mengenai scholarship tersebut.

Alasan Kuliah di Kanada

Sebelum membahas Vanies CGS, Meddy ingin menjelaskan 7 alasan kenapa sobat Meddy harus mempertimbangkan Kanada sebagai tempat melanjutkan pendidikan.

  1. Memiliki pendidikan berkualitas tinggi dan diakui di dunia internasional.
  2. Biaya hidup dan kuliah yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan London, New York dan Sydney. Universitas-universitas di Kanada menerima pendanaan publik, sehingga biaya kuliah disana lebih rendah jika dibandingkan dengan di AS.
  3. Beberapa faktor yang menjadikan Kanada sebagai tempat tinggal ideal adalah kestabilan politik dan ekonomi, serta pelayanan kesehatan gratis. Kanada juga termasuk negara yang sangat aman dan tenang sebagai tempat kuliah.
  4. Kanada memiliki berbagai pemandangan alam dan tempat wisata terindah di dunia, seperti Niagara FallsBanff National Park dan Rocky Mountains.
  5. Sebagai negara yang banyak didatangi imigran, Kanada memiliki keragaman budaya. Hal ini membuat sobat Meddy bisa mengenal dan berpartisipasi dalam berbagai aktivitas budaya dari semua etnis tersebut. Berkat keragaman budaya ini, masyarakat Kanada dikenal sangat ramah kepada para pelajar internasional dari berbagai negara dan latar belakang budaya.
  6. Kanada memiliki program Post-Graduation Work Permit. Dengan permit ini, pelajar internasional yang telah lulus dari institusi pendidikan tinggi Kanada yang memenuhi syarat bisa bekerja di sana selama 8 bulan hingga 3 tahun.
  7. Pelajar internasional di Kanada juga bisa bekerja semasa kuliah. Semasa perkuliahan berlangsung, para pelajar internasional di Kanada diperbolehkan bekerja hingga 20 jam/minggu.

Beasiswa Pemerintah Kanada (Vanier CGS) 

Vanier Canada Graduate Scholarship atau yang biasa disingkat Vanier CGS merupakan skema beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Kanada sejak tahun 2008. Di samping itu, tujuan dari pemberian beasiswa ini adalah untuk memperkuat daya tarik Kanada bagi para mahasiswa doktoral kelas dunia. Kemudian, Kanada juga berupaya untuk menjadi salah satu pusat penelitian dan pendidikan tinggi global.  Beasiswa S3 Vanier CGS merupakan beasiswa S3 riset yang berdurasi selama 3 tahun. Area riset yang menjadi fokus scholarship ini adalah riset kesehatan, riset ilmu-ilmu alam dan/atau teknik, serta penelitian di bidang ilmu sosial dan humaniora. Program Vanier Canada (Vanier CGS) dikelola oleh Sekretariat Vanier-Banting (Sekretariat) atas nama tiga lembaga pemberi federal Kanada. Sekretariat bertempat di Institut Riset Kesehatan Kanada.

A. Cakupan Program Beasiswa Vanier CGS

Berikut adalah cakupan beasiswa yang akan diperoleh ketika kamu mendapatkan Vanier CGS tersebut, yakni tunjangan sebesar $50.000 (± Rp 586 juta) per tahun dan diberikan selama 3 tahun. Tahun 2021 ini, kuota beasiswa yang tersedia 166 beasiswa yang disebar ke sejumlah perguruan tinggi atau universitas di Kanada untuk tahun akademik yang dimulai 2022.

B. Persyaratan Pelamar 

Untuk bisa mendaftar Vanier CGS, maka kamu harus memenuhi sejumlah persyaratan yang ada. Pertama, yang harus kamu tahu, Vanier ini terbuka bagi siapa saja, baik untuk warga negara Kanada maupun internasional. Jadi, kamu tetap bisa mendaftar. Lalu, untuk bisa dipertimbangkan menjadi penerima Vanier CGS, maka kamu haruslah dinominasikan oleh salah satu institusi Kanada yang telah menerima kuota Vanier CGS. Sejumlah universitas yang memiliki kuota tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Brock University
  2. Carleton University
  3. McGill University
  4. McMaster University
  5. Simon Fraser University
  6. University of Toronto
  7. York University

Beasiswa Vanier ini terbuka untuk para mahasiswa yang pertama kali melanjutkan studi doktoral. Selain itu, penerima beasiswa juga tidak diperkenankan untuk mendapatkan scholarship atau fellowship lainnya dari institusi lain.

C. Dokumen yang Diperlukan

Sejumlah dokumen yang harus kamu siapkan untuk mendaftar Vanier Canada Graduate Scholarship meliputi:

  1. Formulir pendaftaran Research Net (termasuk surat referensi)
  2. Curriculum Vitae (CV)
  3. Dua lembar pernyataan kepemimpinan personal
  4. Dua surat referensi kepemimpinan, proposal penelitian, referensi proyek
  5. Transkrip nilai, serta linimasa studi doktoral.

Untuk bantuan terkait program, silakan hubungi: vanier@cihr-irsc.gc.ca Deadline pendaftaran hingga 2 November 2021.

Layanan Mediamaz Scholar

Demikian, informasi mengenai Vanier Canada Graduate Scholarship (Vanier CGS). Bagi sobat semua yang ingin mendaftar beasiswa ini, walaupun masih panjang deadline tapi harus dipersiapkan dari sekarang loh! Kalau kamu masih bingung bagaimana cara membuat CV yang baik atau persiapan dokumen lainnya, kamu bisa konsultasi dengan tim expert scholarship kami. Untuk informasi selengkapnya, hubungi kami di sini. Selain informasi di atas, Meddy juga menyediakan berbagai artikel menarik lainnya seputar informasi kampus dan negara. Nah, jika sobat Meddy mengalami kesulitan jangan ragu untuk menghubungi Meddy. Meddy selalu siap untuk membantu kamu dalam memastikan semua dokumen disiapkan dengan sempurna dengan bantuan penerjemah tersumpah kami. Meddy juga bisa memberikan konsultasi beasiswa bagi sobat Meddy yang tertarik untuk melanjutkan studi ke luar negeri tapi masih bingung mau mulai darimana. Semua layanan ini bisa sobat Meddy dapatkan disini, follow juga instagram Mediamaz Scholar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top