Informasi beasiswa (Non – Degree, S2, dan S3)

Inilah Daftar Beasiswa Untuk Non-Gelar, S2, dan S3

Saat mencari beasiswa, terkadang masih banyak berpikir bahwa bantuan dana hanya tersedia untuk program studi bergelar yang memakan waktu tahunan. Padahal ada banyak beasiswa yang diselenggarakan untuk program-program berdurasi pendek, seperti program sertifikasi dan kursus. Program yang biasanya untuk memberikan dana bagi kaum profesional atau akademisi yang berada di tengah karier. Artikel ini akan membahas mengenai 5 informasi beasiswa untuk para profesional.

Community College Initiative Program  – USA

Pertama, Program CCI atau Community College Initiative. Beasiswa ini merupakan suatu program akademik Non-Gelar untuk menempuh bidang studi tertentu pada institusi penyelenggara di Amerika Serikat, dengan tujuan untuk membangun keterampilan teknis, meningkatkan kemampuan kepemimpinan, dan memperkuat kemampuan bahasa Inggris. Program beasiswa Aminef ini juga memberikan kesempatan untuk melakukan magang profesional, layanan pembelajaran, dan keterlibatan dalam masyarakat.

Nantinya peserta akan menempuh satu tahun akademik di Amerika Serikat dan mendapatkan sertifikat akademik dari bidang yang dipilih. Diharapkan setelah masa program berakhir, peserta kembali ke negara asal dengan keterampilan dan keahlian yang telah didapatkan untuk berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi dan pembangunan negara asal.

Cakupan beasiswa CCIP-Aminef (Full Scholarship)

  1. Dukungan Visa J-1
  2. Tiket Pesawat PP (Indonesia-Amerika Serikat)
  3. Biaya Studi hingga selesai (Tuition and mandatory college fees)
  4. Tempat tinggal dan makanan
  5. Tunjangan buku dan kebutuhan sehari-hari
  6. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  7. Berbagai kegiatan pengembangan diri dan profesional

Australia Awards Scholarship – Australia

Informasi beasiswa S2 dan S3 yang Kedua adalah Australia Awards. Australian Awards Scholarship adalah program bergengsi yang didanai oleh Pemerintah Australia, program ini menawarkan kesempatan bagi para calon pemimpin Indonesia di masa depan untuk menjalani kuliah, penelitian, dan pengembangan profesional. Beasiswa satu ini memang paling banyak ditunggu, karena setiap tahunnya secara rutin Pemerintah Australia memberikan kesempatan bagi para pelajar internasional untuk melanjutkan kuliah S2 an S3 di universitas terkemuka di Australia.

Australia Awards dapat digunakan untuk berkuliah di berbagai perguruan tinggi di Australia, seperti: Monash University, Deakin University, La Trobe University, Victoria University dan lain sebagainya. Durasi studi Magister (S2) maksimal 2 tahun sedangkan untuk studi doktor (S3) maksimal 4 tahun.

Cakupan yang akan kamu dapatkan:

  1. Gratis biaya kuliah S2 atau S3 (Full Tuition Fees)
  2. Biaya visa, pemeriksaan medis dan rontgen
  3. Dana penunjang pada saat kedatangan di Australia yang diberikan satu kali
  4. Bantuan biaya hidup selama belajar di Australia
  5. Pengantar Program Akademik
  6. Asuransi kesehatan selama periode beasiswa
  7. Dukungan akademis tambahan
  8. Tunjangan kerja lapangan untuk program PhD dan Master dimana kerja lapangan merupakan komponen wajib dalam penelitian
  9. Tiket pesawat reuni PP (Indonesia-Australia) hanya untuk penerima master berdurasi 2 tahun
  10. Pelatihan bahasa Inggris di Indonesia

Swedish Institute Scholarship for Global Professionals – Swedia

Jika kamu berkeinginan untuk melanjutkan studi S2 ke Swedia, maka program ini perlu kamu pertimbangkan. Swedish Institute Scholarship for Global Professional merupakan  program beasiswa S2 dari pemerintah Swedia yang ditujukan untuk mahasiswa internasional yang ingin melanjutkan program master mulai semester musim gugur di Swedia.

SISGP adalah program beasiswa baru dari Pemerintah Swedia yang menggantikan program Swedish Institute Study Scholarship. Program beasiswa Swedia yang sebelumnya bernama Swedish Institute Study Scholarships (SISS), yakni beasiswa master yang mendanai penuh biaya pendidikan bagi mahasiswa asing di universitas-universitas maupun perguruan tinggi Swedia. 

Cakupan beasiswa:

  1. Biaya kuliah yang akan dibayarkan langsung oleh Swedish Institute ke universitas
  2. Tunjangan hidup sebesar SEK 10.000 (± Rp 15,8 juta) per bulan
  3. Dana transportasi keberangkatan sebesar SEK 15.000
  4. Asuransi kecelakaan atau kematian selama berkuliah
Chevening Fellowship – Inggris

Chevening Scholarships merupakan beasiswa penuh dari pemerintah Inggris melalui foreign and Commonwealth Office yang ditujukan bagi kandidat-kandidat internasional (termasuk dari Indonesia) untuk melanjutkan kuliah S2 di Inggris. Nama beasiswa inggris ini sendiri pastinya sudah tidak asing lagi kalangan pelajar Indonesia.

Beasiswa ini rutin ditawarkan setiap tahunnya termasuk bagi pemuda dan pemudi Indonesia yang berminat melanjutkan kuliah di Inggris. Tidak hanya itu, beasiswa ini juga ditujukan bagi calon pemimpin masa depan, orang-orang berpengaruh, serta pengambil keputusan untuk mengembangkan diri secara profesional dan akademis.

Berikut adalah beberapa universitas di Inggris yang bisa dipilih dalam skema Beasiswa Chevening:

  1. Cardiff University
  2. Universitas Nottingham
  3. University of Aberdeen
  4. Universitas Cambridge
  5. University of Bristol
  6. Oxford University
  7. Coventry University
  8. University of Warwick

Cakupan beasiswa yang akan kamu dapatkan:

  1. Tanggungan biaya perkuliahan
  2. Tunjangan hidup per bulan untuk akomodasi dan biaya hidup sehari-hari
  3. Biaya perjalanan (tiket pesawat) Pulang Pergi Indonesia-Inggris
  4. Tunjangan kedatangan
  5. Tunjangan saat kepulangan
  6. Biaya visa
  7. Biaya perjalanan untuk menghadiri acara Chevening di Inggris
DAAD EPOS – Jerman

DAAD EPOS adalah beasiswa universitas yang diadakan langsung oleh Pemerintah Jerman. Dalam penyelenggaraannya, pemerintah bekerja sama dengan lembaga pendidikan tinggi atau beberapa tempat kuliah di Jerman dengan memberikan beasiswa yang disebut Deutscher Akademischer Austauschdienst Scholarship. Beasiswa ini ditujukan untuk lulusan sarjana dari Indonesia yang ingin melanjutkan studi master maupun doktoral di Jerman.

Ada beberapa pilihan beasiswa yang diselenggarakan oleh DAAD, selain beasiswa S2 PPGG. Program DAAD Scholarship ini juga tersedia tiap tahun dan terbuka bagi kandidat Indonesia. Scholarships for Development – Related Postgraduate Courses (Epos). Beasiswa yang ditujukan bagi para profesional di negara berkembang yang memiliki pengalaman kerja setidaknya dua tahun. Bisa dari pemerintahan, BUMN, atau perusahaan swasta.

Cakupan Beasiswa:

  1. Tunangan bulanan S2: 750 Euro – S3: 1000 Euro
  2. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  3. Tunjangan perjalanan, kecuali biaya ini ditanggung oleh negara asal atau sumber pendanaan lainnya
  4. Pada keadaan khusus, kandidat dapat menerima manfaat tambahan berupa subsidi sewa bulanan dan tunjangan bulanan untuk anggota keluarga yang menemani

Informasi Beasiswa Untuk Para Profesional

Bagi sobat Meddy yang ingin melanjutkan perkuliahan menuju jenjang pascasarjana (Magister atau Doktor) perlu diperhatikan mengenai tata cara serta detail dari program studi yang ditawarkan. Lalu, untuk beberapa tempat kuliah juga menggunakan sistem online untuk melakukan registrasi diri. Jika sistem registrasinya menggunakan metode online, sobat meddy hanya perlu menyiapkan salinan softcopy dokumen dan kirim ke email yang disebutkan di website tiap universitasnya.

Informasi website terkait

berikut merupakan website kampus yang bisa sobat Meddy lihat:

Layanan Mediamaz Scholarship

Demi mempersiapkan beasiswa dengan maksimal, kamu harus mempersiapkan berbagai dokumen yang telah diterjemahkan menggunakan bahasa negara asal dan legalisasi resmi dari otoritas pemerintahan. Mengurus kebutuhan tersebut tidak bisa dilakukan secara instan dan akan memakan banyak waktu dan tenaga. Tapi tenang dan jangan khawatir, bersama Mediamaz Scholarship, kami memiliki sejumlah informasi beasiswa dan kami siap membantu memenuhi kebutuhan kamu dengan cepat, aman, dan profesional. Silakan hubungi di sini.

Leave a Comment

Your email address will not be published.

Scroll to Top